ISBN: 979-636-040-3
Jumlah Halaman: xiii + 189 halaman
Ukuran buku: 16 x 21cm
Bab 1. Dialog Global dan perubahan Paradigma Kesadaran
Bab 2. Dialog Dan Etika Global
Bab 3. Dialog Global dan Problem Spiritual
Bab 4. Agama dan Globalisasi di Abad 21
Buku-buku terbitan MUP barometer produktivitas keilmuan UMS
Muhammadiyah University Press (MUP) adalah unit pelaksana teknis di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang bergerak dalam bidang publikasi ilmiah atau penerbitan. Karena itu, MUP dapatlah disebut sebagai salah satu barometer produktivitas keilmuan UMS. Dalam perjalanannya, MUP ternyata semakin sarat dengan proses produktivitas. Kenyataan ini sungguh menggembirakan, meskipun diakui atau tidak SDM yang terlibat dalam unit penerbitan sangat terbatas dan sebagian bersifat free lance. Namun berkat komitmen dan kerja keras, kegiatan yang dilakukan oleh MUP hingga tahun 2009 terbukti telah mampu menghasilkan produk yang cukup banyak, meskipun produk yang dihasilkan belum mencakup semua disiplin ilmu dan strategi pengembangan yang telah digariskan. Sebagai ilustrasi, sampai saat ini MUP telah menghasilkan sekitar 98 judul buku-buku academic tower, 126 judul buku-buku bahasa Inggris, dan 9 judul buku-buku informasi kemahasiswaan. Pada tahun pertama, MUP berusaha mensosialisasikan keberadaan lewat produk-produk yang dikeluarkan, baik untuk kalangan intern UMS maupun di luar UMS. Sebagai anggota IKAPI, MUP juga aktif mengikuti pameran buku termasuk yang berskala nasional. Hasilnya, MUP semakin dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu penerbit buku-buku keilmuan, bahkan produk-produk MUP sudah mulai dipakai sebagai acuan perkuliahan pada perguruan tinggi lain. Pada bagian lain, respon penulis dari UMS maupun dari luar juga semakin baik. Hal tersebut didasarkan kenyataan bahwa memasuki semester ketiga keberadaan MUP, jumlah naskah yang masuk semakin beragam. Secara garis besar produk yang dihasilkan MUP dapat dikelompokkan pada empat kategori. Pertama, kategori buku-buku yang merupakan academic tower yaitu buku-buku yang berisi kajian, hasil riset, pengembangan teori, dan terjemahan. Kedua, buku-buku teks untuk program bahasa Inggris, ketiga buku-buku teks pegangan kuliah atau untuk kalangan sivitas akademika UMS, dan keempat buku-buku khusus sebagai media informasi mahasiswa. Buku-buku yang termasuk dalam kategori academic tower adalah buku-buku yang dikaitkan dengan promosi produk-produk keilmuan UMS. Tujuan diterbitkannya buku-buku ini di samping sebagai promosi keilmuan UMS juga sebagai sosialisasi Muhammadiyah University Press, dan peningkatan citra kualitas UMS di tengah masyarakat. Semua buku dalam katagori ini selain didasarkan pada kualitas isi, tampilan, juga tercatat pada International Standard Book Number (ISBN). Adapun buku-buku academic tower didistribusikan melalui Toko Buku Gramedia dan agen-agen buku yang ada di Yogyakarta, Surakarta, Malang, seperti Toko Buku Social Agency, Toko Buku Diskon Toga Mas, dan bookstore-bookstore di berbagai Universitas
No comments:
Post a Comment