Monday, May 11, 2009

RESTRUKTURISASI BUDAYA JAWA: PERSPEKTIF KGPAA MN I

Penulis : Zainuddin Fananie, MHum
Pengantar : Suyatno Kartodihardjo

ISBN : 979-636-001-2

Jumlah Halaman : x + 317 Halaman

Ukuran Buku : 16 x 21cm


Satu hal menarik yang dilakukan Zainuddin Fananie dalam studinya adalah mengembalikan tesis budaya Jawa abad ke XVIII dari sudut pandang pelaku sejarah itu sendiri. Model ini barangkali yang sering lepas dari pengamat sejarah dab budaya jawa yang telah mengkaji masalah Surakarta pada studi sebelumnya. Ketajaman analisis Zainuddin Fananie terhadap Babad Tutur ini tidak dapat diingkari adanya penemuan baru dalam kajian sastra jawa.
Analisis yang cermat dan berhati-hati dari suatu karya sastra seperti Babad Tutur ternyata telah menghasilkan suatu konsep atau inti teori (core theory), seperti ditemukannya konsep restrukturisasi budaya Jawa abad XVIII. Jelas, konsep ini merupakan hal baru dalam studi sastra jawa, terutama yang menyangkut kajian Surakarta.
Karena itu membaca buku ini tidak saja mendapat gambaran yang lebih utuh tentang dimensi aktivitas, pandangan hidup, dan sejarah perjuangan KGPAA MN I, tetapi juga dapat dipakai sebagai balance terhadap kajian yang bersumber pada dokumen lain.

Daftar Isi
  • Strukturalisme Genetik dalam Kerangka Analisis Babad Tutur
  • Selintas Mengenai Naskah Babad Tutur
  • Sejarah Perjuangan KGPAA MN I
  • Struktur Budaya Abad XVIII sebagai tesis Dialektik KGPAA MN I
  • Pandangan Hidup KGPAA MN I: Sebuah Sintesis Kultural


No comments: